Minggu, 28 Desember 2008

Bicara masalah harga dan kecepatan akses koneksi internet, kata orang sih kita masih kalah dbandingkan dengan negara tetangg, Cuma bukan itu yang menjadi permasalahan. Permasalahannya adalah dengan beragam koneksi internet yang ditawarkan oleh Telkom Speedy antara lain adalah adanya dua pilihan yaitu volume based dan time based dengan harga yang sama perbulannya. Nah diantar keduanya mungkin ada yang dibuat bingung mana yang harus dipilih?

Saya sendiri dari sejak awal memang lebih memilih time based karena ketidak tahuan saya…yah ambil saja time based toh lebih enak parameternya…tinggal itung saja koneksi berapa jam dalam sehari…sisanya tinggal berapa jam, kan enak ngga usah pusing – pusing.

Eh..setelah dihitung – hitung ternyata anda memang perlu perhitungkan, koneksi internet anda lebih digunakan sebagai apa? Jika pertimbangan utama adalah volume data maksimal yang digunakan, maka pilihan koneksi time based menjadi pilihan yang lebih baik, untuk aktivitas download misalnya, satu – satunya parameter yang membatasi adalah kecepatan bandwidth. Kalau diambil rata – rata kecepatan bandwidth pada penggunaan sehari – hari maksimal pada kisaran 384 kbps, maka dalam 1 jam kita dapat mendownload/ upload sekitar 144 MB (menurut sumber dari PC Media). Apabila kita menggunakan volume based 1 Gigabite, maka kuota kita yang telah digunakan adalah adalah 144Mbx100/1000= 14,4%. Nah jika kita gunakan time based 50 jam kuota kita yang telah digunakan Cuma 1 jamx100/50= 2 % saja ( ini masih tergantung kecepatan bandwidth masing – masing pengguna, tentunya berbeda – beda mungkin berkisar antara 40 kbps – 384 kbps menggunakan koneksi ADSL).

Namun jika keperluan koneksi internet tidak semata mementingkan untuk download/ upload, misalnya lebih banyak digunakan untuk berkomunikasi lewat instan messaging dengan voice chat dan webcam yang tidak lebih hanya sekitar 15 Mb perjam, ataupun sekedar main game online MMORPG yang hanya mengonsumsi 10 Mb per jam. Dengan menggunakan asumsi tersebut untuk volume based sebesar 1 Gb memberikan durasi ber IM sekitar 66 jam, atau 100 jam game online perbulannya.

Secara keseluruhan sepertinya time based lebih memberikan keuntungan dibandingkan volume based sejauh kita menggunakan secara optimal, semisal kita mendownload email kemudian kita baca secara offline , demikian juga saat browsing. Ataupun multi tasking dengan melakukan browsing ataupun Instan messaging saat proses download/ upload sedang bejalan di background, tentunya ini membutuhkan spesifikasi komputer dan koneksi internet yang digunakan masih memungkinkan.

2 komentar:

Mycroft mengatakan...

kalo saya lebih milih yg unlimited biar bebas, tp lumayan sih, solusinya kita bisa menggunakan sistem RT/RW Net jd biayanya menjadi lebih ringan.. seperti yg saya gunakan saat ini perbulannya cuman 100ribu dengan kapasitas download/upload tak terbatas..

menanggapi tentang blognya..
saya juga masih baru di dunia blog..
tp seperti kata mas ghufron, perbanyak aja nulis artikel, yaah klo bisa yang relevan sama content blognya..

terimakasih..
maaf panjang lebar nih..

sering2 mampir di http://sherlockzone.co.cc
siapa tau ntar ada tips /informasi yg bs mbantu mas..'n jgn lupa ngsih komentarnya..

tiyangsae mengatakan...

iya nih tetanggaku di blog lain agak jauh sekitar 400m jaraknya dari blok ku sudah sistem iuran unlimited sudah ada 11 anggota...lumayan tuh perbulanya cuma dikutip antara 65.000an rupiah...wah jarakku ngga yampe sih mas...ada solusi ga ya?

Posting Komentar