Sabtu, 27 Desember 2008

PHOBIA & RASA TAKUT

SIAPA MUSUH BESARMU?

Jika ada pertanyaan : “Siapakah musuhmu yang paling besar?” mungkin ada banyak jawaban yang kita peroleh dari bermacam pribadi..mungkin wabah penyakit, mungkin peperangan, hantu,menghadapi maut dll..tapi boleh jadi dari jawaban – jawaban diatas bisa disimpulkan bahwa musuh terbesar kita sebenarnya adalah “RASA TAKUT”.
Manusia dalam beberapa tahun terakhir dalam banyak hal sudah dapat menguasai dunia dengan teknologi…bahkan merusak dunia itu sendiri dengan berbagai efek yang ditimbulkan oleh teknologinya, sehingga menimbulkan RASA TAKUT. Rasa takut bisa dating dari realita, tetapi rasa takut bisa juga dating dari khayalannya sendiri, semakin kuat pengaruh daya khayal itu merasuki diri seseorang maka semakin hebatlah seseorang itu mengalami rasa ketakutan yang sulit dimengerti oleh orang lain, maka hati – hatilah jika anda dihinggapi rasa takut seperti ini, karena rasa takut seperti ini menyebabkan gangguan jiwa yang lebih popular disebut sebagai “PHOBI”, kata ini asal muasalnya dari bahasa yunani yang mempunyai makna takut.

MANFAAT RASA TAKUT

Rasa takut perlu dipandang sesuai dengan komposisinya secara bijaksana, karena sebagian orang kebanyakan memandang rasa takut ini sebagai sesuatu yang merugikan dan negative, tapi cobalah kita sadari sebenarnya rasa takut itu sendiri sangat diperlukan dalam kehidupan sehari – hari. Dengan rasa takut atau perasaan kuatir maka kita akan berhati – hati dalam menyeberang jalan misalnya, memperlakukan sesuatu sebagaimana mestinya dan tidak ceroboh dalam menghadapi suatu permasalahan, jadi rasa takut pada kondisi tertentu sebenarnya dapat menghindarkan kita dari segala permasalahan dan mara bahaya.

PHOBIA

Sudah kita singgung pada tulisan diatas bahwa rasa takut yang berlebihan pada suatu hal tertentu, akan mengakibatkan suatu kelainan pada jiwa kita yang secara ekstrim “ mengalami gangguan jiwa” yang popular kita sebut dengan menderita PHOBIA. Ada banyak macam-macam phobia, diperkirakan ada jutaan orang di dunia ini yang menderita phobia, yang sangat sulit dijelaskan penyebabnya, karena penderita phobia mempunyai rasa takut dibawah sadar, rasa ketakutannya sedemikian tidak beralasan untuk hal – hal yang remeh, namun demikian tetap saja pada penderita phobia hal – hal tersebut tidak dapat di kendalikan dengan emosinya. Ia tidak dapat menggunakan akal sehatnya untuk mengatasi perasaan takut yang ada pada dirinya, sehingga bisa mengakibatkan problem medis maupun problem emosional. Adakah yang wajar bagi kita yang normal menyaksikan seseorang begitu takutnya terhadap seekor tikus atau laba- laba? Sehingga sepanjang hidupnya tidak beranai masuk gudang? Atau seseorang yang takut terkena sinar matahari? Sehingga kemana – mana harus menggunakan mante. Kaca mata hitam dan payung? atau seseorang yang kesepian sepanjang hidupnya karena takut keramaian? Mungkin kita berfikir bahwa orang – orang itu gila, tetapi yaaahhh….penyakit ini benar – benar nyata dan cukup banyak penderitanya.

JENIS - JENIS PHOBIA

1. AGHORA PHOBIA . Adalah rasa takut terhadap pada ruangan terbuka atau ditempat umum, semisal merasa takut sendirian atau bahkan d kerumunan orang banyak ditengah lapangan sepak bola, ditengah sawah, diladang, diterminal bus dsb. Rasa takut ini sangat susah untuk dimengerti dan diterangkan, penderita ini menjadi begitu nervous/ tegang dan gugup di tengah keramaian sekalipun sehingga takut untuk keluar rumah.



2. CLAUSTROPHOBIA. Adalah kebalikan dari Aghoraphobia, yaitu rasa takut terhadap ruangan yang tertutup, sebagian orang menganggap hal ini lebih mudah dimengerti dan memakluminya sebatas yang bersangkutan tidak ditemani orang lain, semisal takut berada di dalam lift, didalam gudang, di kamar mandi dsb. Penderita – penderita ini cenderung sebagian besar adalah para wanita.

3. PHOBIA TERBANG. Tentunya kita tidak asing jika mendengar seseorang takut naik pesawat karena berbagai alas an yang masuk akal. Tetapi bagi para penderita phobia tentunya tidak menerima sejuta alasanpun kenapa ia takut terbang. Bagi penderita phobia terbang skala rendah bisa diambil solusi dengan obat penenang sebelum mereka naik pesawat terbang.





4. PHOBIA - PHOBIA LAINNYA. Ada phobia terhadap asap, phobia terhadap binatang, phobia terhadap hujan dsb. Intensitas dan kegawatan suatu phobia berbeda – beda mungkin ada yang merasa nervous berkeringat dingin, gemetar, mual – mual, jantung berdebar – debar, atau bahkan mengakibatkan pingsan.***

- gambar 1 dari : http://hil4ry.wordpress.com/2007/10/06/fobia/
- gambar 2 dari : https://www.caremark.com/wps/portal/HEALTH_RESOURCES?topic=drfear
- gambar 3 dari : http://www.msnbc.msn.com/id/15223582/

0 komentar:

Posting Komentar