Senin, 22 Desember 2008

Akhir – akhir ini banyak yang berdiskusi yang berkisar tentang penghematan energi…yah… namanya juga lagi krisis enegi, jadi semua kebutuhan hatus dihitung dengan cermat sesuai dengan budget kita, termasuk berapa besar computer kita mengkonsumsi daya listrik.
Menurut penelitian, universitas Waterloo Canada, bagian hardware, menunjukkan hasil test dari sebuah komputer Pentium 4 dengan spesifikasi 1.7 GHz dengan hasil sbb:

- Ketika boot, konsumsi daya mendekati 110 Watt.
- Ketika Idle, tanpa adanya power management, asupan daya mendekati 60 Watt.
- Kondisi power saving penuh, tidak ada putaran harddisk dan dalam keadaan sleep mode, konsumsi daya sekitar 35 Watt.
- Monitor 17 inchi, mengkonsumsi daya sebesar 75 Watt ketika digunakan.

Angka – angka diatas tergantung pada processor apa yang dipakai dan juga peripheral apa saja yang terpasang. Nah…jika kita penasaran tentang konsumsi daya dari PC kita secara detil, buka aja deh http://resources.mini-box.com/online/powersimulator/powersimulator.html

Green Computing

Green Computing adalah praktek penggunaan, proses produksi yang lebih ramah terhadap lingkungan, seperti mengurangi penggunaan bahan – bahan berbahaya atau tidak sama sekali, proses pembuangan limbah dan daur ulang secara baik dan benar, maupun pengembangan komputer dan segala hal yang berhubungan dengannya , secara efisien, hemat energy yang meliputi penggunaan CPU, server dan peripheral – peripheral lainnya.

Penggunaan

Apabila kita sebagai pengguna sudah memiliki unit computer yang hemat energy…kita masih bisa meningkatkan efesiensi penggunaan daya, dan penggunaan computer agar lebih ramah lingkungan. Antara lain dengan melakukan hal – hal dibawah ini:

- Mengaktifkan fasilitas power management dari CPU.
- Menggunakan computer sesuai dengan keperluan, dan mematikanny saat tidak digunakan.
- Menggunakan jenis monitor LCD dibandingkan monitor CRT.
- Menggunakan computer mobile ( note book ), PC all in one daripada desktop jika memungkinkan.
- Meminimalkan penggunaan kertas, dan daur ulang limbah kertas sebagai mana mestinya.
- Memindah tangankan perangkat-perangkat yang sudah tak terpakai kepada yang mau menerimanya ( dijual ), mungkin lebih bijak daripada membuangnya sembarangan di tempat sampah. Karena baru – baruini banyak orang – orang yang mau menerima barang – barang kita untuk di rekondisi dan dapat digunakanlagi…dengan harga yang lebih murah tentunya. :)

0 komentar:

Posting Komentar